Sabtu, 07 November 2015

8 Kota Terekstrim di Dunia yang Berada di Atas Tebing

Ada banyak arsitektur di dunia ini yang mengagumkan. Salah satunya kota yang berdiri di atas tebing. Selain ekstrim karena berada di atas tebing tinggi tempat seperti ini juga mengundang sensasi bagi wisatawan yang berkunjung. Sebuah tempat yang membuat kita bisa melihat pemandangan yang jauh di batas cakrawala, atau melihat segala sesuatu begitu kecil yang jauh di bawah kaki kita. Serasa berada di dalam kota-kota di atas awan.
http://simomot.files.wordpress.com/2014/05/

  • Al Hajjara

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7b/
Al Hajjara, adalah sebuah kota bersejarah yang berdiri di atas tebing di Pegunungan Haraz, dan terletak di sebelah barat kota Manakhah, Yaman. Kota ini adalah salah satu dari kota-kota pegunungan yang paling mengesankan dan paling mudah diakses di Yaman. Kota ini benar-benar dibangun dengan blok batu yang diambil dari tambang batu di gunung terdekat. Al Hajjara sendiri berasal dari abad kedua belas
Berdiri kokoh di puncak tebing Pegunungan Haraz, di sebelah barat kota Manakhah, Yaman, inilah salah satu kota bersejarah paling unik di negeri itu. Bangunanbangunan sepenuhnya dibuat dari blok batu dari tambang batu di gunung terdekat. Meski berasal dari abad ke-12 M, kota ini tetap terlihat modern. Misalnya, tinggi bangunan rumah yang menyerupai apartemen modern, maupun atap-atap bangunan yang berbentuk datar yang mirip dengan kebanyakan gedung-gedung pencakar langit dewasa ini. Saat ini, Al-Hajar (Al Hajjara, Al Hajarah, atau Al Hajjerah), merupakan salah satu tujuan wisata populer di Yaman. Selain karena keunikannya, juga lantaran lokasinya yang mudah diakses dari ibukota Sana’a. Nama kota ini sendiri didapat dari lokasi dan material kotanya, yakni Hajjar, yang berarti “batu” dalam Bahasa Arab. Bagi para penyuka hiking, pegunungan Haraz adalah lokasi yang tepat untuk menjelajahi desa-desa dan budaya Yaman. Di kawasan ini, siang hari mencapai suhu 30 derajat celcius, dan di malam hari bisa turun hingga 0 derajat celcius. Kota Al-Hajar sendiri berada di ketinggian 2.000 mdpl.
  • Bandiagara

http://ngjyra.com/wp-content/uploads/2015/04/
Rumah gua yang di Tebing Bandiagara, terletak di wilayah Dogon, Mali. Sebuah tebing pasir yang memiliki luas 500m dan ketinggian 500m dari permukaan terendah di bagian selatan Mali. Wilayah tebing yang curam rumah gua Bandiagara saat ini banyak dihuni oleh orang-orang dari Dogon. Namun sebelum ditinggali oleh orang-orang Dogon, sebelumnya dihuni oleh orang-orang Tellem dan Tolloy. Orang-orang Tellemlah yang merawat bangunan rumah gua ini terpelihara. Pada 1989, Rumah Gua Bandiagara ini masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO. Rumah Gua Bandiagara merupakan salah satu daya tarik yang sangat indah di kawasan Afrika Barat, selain memiliki nilai arkeologi, etnologi, juga memiliki lingkungan yang sangat khas.
Keindahan tebing Bandiagara Escarpment di Republik Mali merupakan salah satu warisan dunia yang tetap bertahan. Sampai sekarang tempat bersejarah tersebut menjadi bagian penting dari sebuah kawasan yang dijaga dan dilindungi.
  • Bonifacio

http://static.thousandwonders.net/
Kota Tua Bonifacio berada di Korsika. Kota ini berada di atas bukit terjal berbatu kapur, dibangun oleh Genoa dan merupakan tempat yang menarik untuk kunjungan wisata Anda. Kotanya terdapat banyak labirin-labirin jalan sempit, berupa lorong-lorong kecil yang menarik. Didirikan oleh Count Bonifacio Tuscany pada tahun 828 AD merupakan kota pelabuhan yang banyak disinggahi turis manca negara. Terdapat marina dengan perahu-perahu pesiar, restoran, hotel dan resor di sepanjang pantai. Pada malam hari, sepanjang pantai memiliki suasana dramatis dan sangat indah
Awalnya kota ini merupakan benteng pertahanan laut yang akhirnya menjelma menjadi sebuah kota. Kota ini sangat rapuh jika dilihat dari dudukannya di atas tebing kapur yang selama bertahun-tahun dihantam ombak laut Mediterania
Sebuah proses kikisan air laut sangat jelas terlihat, baik pada tumpukan batu emperan dinding tebing. Berapa lama gedung-gedung di atas bukit itu bisa bertahan dari 'keruntuhan bonifacio' ?. Tak satu pun orang yang berkenan memprediksinya, karena begitu banyaknya pelancong yang masih menginginkan kembali ke sini.
  • Castellfollit de la Roca

http://www.singularcb.com/blog/wp-content/uploads/2015/06/
Castellfollit de la Roca adalah sebuah kota yang hanya dihuni sekitar 1.000 penduduk dengan luas daerah kurang dari satu kilometer persegi. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu kota terkecil di Catalonia, Spanyol.
Daerah perkotaan kecil ini dibatasi oleh pertemuan antara Sungai Fluviadan Toronell. Panorama gereja dan rumah-rumah di tepi tebing basal menjadi salah satu spot yang paling sering difoto diCastellfollit de la Roca. Spot ini juga menawarkan sudut pandang yang menakjubkan, yangmenghadap ke sebuah lembah antara dua sungai. Lava tersebut melalui proses pemadatan yang kemudian berubah menjadi basal, batuan keras yang terbentuk sesuai dengan proses pendinginan yang dilaluinya.
Sebagaimana dilansir amusingplanet, tebing ini adalah hasil dari dua aliran lava; yang pertama terjadi 217.000 tahun yang lalu, dan berasal dari wilayah desa Batet, dan kedua adalah formasi yang lebih baru dari gunung berapi Beguda yang berusia 192.000 tahun. Itulah mengapa rumah-rumah di kota ini sebagian besar terbuat dari batu vulkanik.
  • Rocamadour

http://offclouds.com/data_images/wallpapers/14/
Desa Rocamadour dibangun di atas ngarai di sungai Alzou di barat daya Perancis. Bangunan di desa ini mengundak secara bertahap hingga ke sisi tebing, terlihat sangat curam dan ekstrem. Desa ini pertama dibangun pada abad ke 12 dan menjadi sepi karena perang dan revolusi Perancis. Saat ini daerah ini kembali ramai sebagai tempat wisata dan tempat ziarah untuk menghormati santo Amadour. Dulu Santo Amadour menjadi saksi atas kematian Santo Petrus dan Santo Paulus di Roma. Kemudian beliau datang ke tempat ini dan bertapa.
Saat ini Rocamadour kembali populer oleh turis dan peziarah yang datang untuk menghormati Santo Amadour. Menurut legenda, orang suci ini menjadi saksi atas kematian Santo Petrus dan Santo Paulus di Roma. Ia kemudian melakukan perjalanan ke lokasi ini dan menjadi seorang pertapa.
  • Acapulco

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAxgiO3CuKK7KVkHwREnY5pJW_yUMnrO4Ii3jNg62-PvdcyKq6hHAL90WtjRpCXOKbSl4LeCkuOkO0IA1KH-8epVQEsbz9VGJAWoUUG7TMyucGR2DibQH8J_00aqA4LhpJL54Irtoxw2i8/s400/
Acapulco (secara resmi dikenal sebagai Acapulco de Juárez) adalah kota, munisipalitas dan pelabuhan di negara bagian Guerrero, Meksiko, 300 km dari Ciudad de Mexico. Kota ini dikenal sebagai salah satu resor pantai tertua dan paling terkenal di Meksiko.
Acapulco terkenal akan kehidupan malamnya. Wilayah resor terbagi menjadi dua. Wilayah utara merupakan wilayah "tradisional", sedangkan wilayah selatan didominasi oleh hotel-hotel mewah. 
  • Mesa Verde

http://www.jimshoemakerphotography.com/data/photos/
Mesa Verde terletak di barat daya Colorado, dan terkenal karena terdapat rumah-rumah tebing dari orang Anasazi kuno. Mesa Verde merupakan temuan arkeologi paling signifikan dari budaya asli Amerika di Amerika Serikat.
Pada abad ke-12, orang-orang Anasazi mulai membangun rumah-rumah di gua-gua dangkal di bawah tebing batu yang menggantung di atasnya di sepanjang dinding ngarai. Rumah yang paling terkenal di sini disebut Cliff Palace dan Rumah Spruce Tree.
Pada tahun 1300, semua orang Anasazi telah meninggalkan daerah Mesa Verde, namun reruntuhan rumah-rumah ini tetap terawetkan dengan hampir sempurna. Alasan untuk kepergian mereka yang tiba-tiba mereka tidak terjelaskan. Tetapi ada teori yang menduga bahwa hal tersebut diakibatkan karena kegagalan panen saat kekeringan melanda. Teori lain menyebut disebabkan oleh serangan suku lainnya dari Utara.
  • Ronda

http://www.spain-holiday.com/blog/wp-content/uploads/2010/09/
Ronda terletak di provinsi Malaga di Spanyol. Ronda terletak di pegunungan pada ketinggian 760 meter. Kota ini terbagi dua oleh Sungai Guadalevin yang mengalir melalui Ronda. Ada tiga jembatan yang digunakan untuk menyeberangi ngarai sehingga bisa menyeberang dari satu sisi ke sisi lain kota Ronda. 
Arsitektur kota ini menerima pengaruh dari bangsa Romawi dan Moor yang pernah memerintah daerah ini. Ronda juga merupakan tempat kelahiran adu banteng. Arena tempat adu banteng tertua di Spanyol masih ada di Ronda sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar